User Image Abdul Rosad, S.Pd Sabtu, 14 Des 2024 19:38:26 WIB

Digital Onboarding1

Photo

Ruang Lingkup Digital Onboarding 

1. Digital Onboarding

Untuk mendapatkan calon customer baru ter Digital onboarding dikenal sebagai pros Meminimalisir penggunaan waktu. Pr

2. Aktivasi penjualan

Di era serba Aktivasi p Syarat 3. Pla Isti Ke

Ruang Lingkup Digital Onboarding 

1. Digital Onboarding

Untuk mendapatkan calon customer baru tersebut dikenal pula dengan istilah customer onboarding. Pada tahapan ini tujuannya untuk mengenal lebih dekat dengan calon customer terhadap produk yang kita tawarkan. Di era dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, proses onboarding bagi customer selain dilakukan secara manual juga perlu dilakukan menggunakan metode digital onboarding

Digital onboarding dikenal sebagai proses onboarding yang dapat dilakukan jarak jauh secara online melalui perangkat digital. Lebih jelasnya, digital onboarding merupakan sistem yang juga disebut proses berlangganan atau memperoleh pengguna baru secara online untuk dapat mengakses semua layanan dan produk yang ditawarkan perusahaan maupun lembaga pemerintah. Beberapa manfaat menggunakan sistem Digital Onboarding: 

  • Meminimalisir penggunaan waktu.
  • Proses yang mudah dengan hasil yang cepat (dibawah hitungan menit).
  • Mengurangi penggunaan kertas dan memangkas biaya.
  • Customer experience yang lebih baik

2. Aktivasi penjualan

Di era serba digital seperti saat ini, digital marketing menjadi pilar penting dalam mengembangkan suatu bisnis. Khususnya dalam hal promosi dan kegiatan pemasaran suatu produk. Salah satu proses penting yang harus dilalui adalah digital activation. Dimana penting sekali untuk mengembangkan dan mempertahankan produk yang memiliki ciri khas di tengah kompetisi bisnis yang   sangat tinggi. Sebagaimana kita tahu, saat ini pasar lebih didominasi dengan permintaan untuk mendapatkan user experience (UX) dari suatu brand yang mereka inginkan. Strategi aktivasi merek adalah langkah tepat untuk memasarkan dan mempromosikan produk dengan tetap mempertahankan interaksi dengan konsumen.

Aktivasi penjualan merupakan strategi penjualan yang memanfaatkan penargetan mikro audiens dan berbasis interaksi antara brand dengan konsumen atau calon konsumen melalui berbagai aktivitas, untuk membangun dan meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) dan mendorong prospek atau penjualan langsung secara digital. Dan karena berbasis digital, proses atau alurnya lebih cepat, murah, dan sangat terukur. Brand activation dikatakan sukses apabila mampu menciptakan engagement dengan konsumen. Aktivasi digital untuk meningkatkan brand engagement sebaiknya berfokus pada pengalaman pelanggan karena mereka bisa saja bosan dengan konten-konten (foto atau video) yang sebelumnya disajikan. Brand pun bisa menggunakan aktivasi digital secara online melalui media sosial untuk membangun brand awareness masyarakat terhadap brand.

  • Syarat suatu keberhasilan aktivasi penjualan yaitu:
  • Menciptakan brand awareness
  • Meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk
  • Membangun hubungan erat dengan pelanggan
3. Platform Digital

Istilah platform digital dalam beberapa tahun terakhir jamak kita dengar penyebutannya. Kondisi ini terjadi seiring derasnya laju digitalisasi yang terjadi di seluruh aspek kehidupan di dunia. Proses digitalisasi yang terjadi secara cepat dan luas membuat banyak perusahaan melahirkan platform-platform digital baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kehadiran platform digital menjadi salah satu akibat dari proses digitalisasi yang mau tak mau harus dilakukan manusia saat ini. Tanpa digitalisasi, kegiatan manusia di berbagai bidang akan tertinggal. Karena itu, proses digitalisasi harus didorong untuk terus berlangsung secara efektif dan cepat. Meski kemunculannya sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir, namun hingga kini masih banyak pihak yang belum memahami betul arti dari istilah platform digital. Ketidakpahaman ini tak jarang menimbulkan dampak negatif berupa timbulnya kesalahan masyarakat dalam melakukan transformasi digital.

 Platform Digital dapat diartikan sebagai sebuah tempat, wadah, atau sarana yang memfasilitasi bertemunya para pihak untuk saling bertukar informasi, berdagang, atau menawarkan jasa dan layanan. Kehadiran platform digital membuat seluruh kegiatan di atas bisa dilakukan dalam satu tempat, yang mempertemukan langsung pihak penjual dan pembeli, pemberi dan penerima informasi, atau penyedia dan pemakai jasa/layanan.

25 comments
Baca Juga