PROGRAM KERJA KURIKULUM
|
NO.
|
NAMA KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
TUJUAN KEGIATAN
|
INDIKATOR KETERCAPAIAN
|
UNSUR YANG TERLIBAT
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU
|
KET
|
A.
|
STANDAR PROSES
|
1. Pengadaan Buku Pokok dan Buku Pendamping
|
Kegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (buku non teks pelajaran, modul pembelajaran)
|
Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar/buku teks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas
maupun kuantitas
|
Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pencapaian kompetensi
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. Guru Mapel
|
WKS Bidang Kurikulum
|
Juli 2024
|
|
2. IHT Kurikulum Merdeka Belajar dan Mengajar bagi guru SMK Muhammadiyah 01 Keling
|
Pelatihan bagi guru SMK Muhammadiyah 01 Keling tentang Kurikulum Merdeka Belajar dan Mengajar
|
Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dan Mengajar
|
Guru mampu Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dan Mengajar
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. WKS Bidang Kesiswaan
4. Pembina OSIS
5. Kordinator BK/BKK
6. Wali Kelas
Guru Mapel
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
|
Juli 2024
|
|
3. Perancangan Unit Produksi Program Keahlian Busana, APHP dan Pemasaran
|
Membuat Jobsheet Unit Produksi Busana, APHP dan Pemasaran dan Penambahan SDM dan Fasilitas Unit Produksi.
|
Tujuan Unit produksi sebagai :
- wahana pelatihan berbasis produksi bagi siswa;
- wahana menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha pada diri siswa SMK;
- sarana praktik produktif secara langsung bagi siswa;
|
1. Terbentuknya unit produksi Busana, APHP dan Pemasaran yang representatif
2. Terbentuknya Bank Mini
3. Adanya SDM yang kompeten pada Unit Produksi Busana, APHP dan Pemasaran, dan
4. Meningkatnya keterampilan siswa Busana, APHP dan Pemasaran, serta menghasilkan teaching factory Busana, APHP dan Pemasaran.
|
1. Guru Produktif Busana, APHP dan Pemasaran
2. Seluruh Siswa Busana, APHP dan Pemasaran
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
|
Juli 2024 –
Juni 2025
|
|
4. Persiapan Pelaksanaan AN/AKM &
Survei Karakter Tahun 2024
|
Penambahan pembelajaran/tutorial Literasi dan Numerasi untuk mata pelajaran yang diujikan dalam AN/AKM & Survei Karakter
|
Tujuan dari AN/AKM adalah dirancang untuk mengukur capaian peserta didik atau siswa dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Tingkat kompetensi ini dapat dimanfaatkan guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. AKM akan mendukung "Teaching at the right point" di SMK Muhammadiyah 01 Keling pada
TP 2024/ 2025
|
Terlaksananya Kegiatan AN/AKM & Survei Karakter Tahun 2024 dengan baik dan lacar
|
1. Kepala Sekolah
2. Guru
3. Siswa
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. OPS Sekolah/Pr oktor
|
21-22
Agustus 2024 (Pelaksanaan AN)
14 September
2023
(Pelaksanaan Sulingjar)
|
|
|
5. Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran
|
Supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
|
Untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan
|
Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru
|
Kepala Sekolah dan tim supervisi
|
Kepala Sekolah
|
Supervisi Semester Ganjil :
20 -
24 November
2024
Supervisi Semester Genap : 20 - 25 Mei 2024
|
|
6. Rapat
Koordinasi Wali Kelas dengan orang tua wali siswa
|
Rapat antara wali kelas dengan orangtua peserta didik yang diampu dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi
|
a. Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi program sekolah kepada orangtua siswa
b. Menyamakan visi dan misi antara orangtua dan sekolah dalam mendidik peserta didik
|
Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 01 Keling
|
1. WKS Bidang Kurikulum
2. Wali Kelas
3. Orangtua peserta didik
|
WKS Bidang Kurikulum
|
Minimal 1 tahun dua kali
|
|
7. Program Link and Match Dengan DUDI melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL)
|
a. Pengembangan Teaching Factory
1) Rapat Evaluasi Implementasi model pembelajaran Taching
Factory
2) Implementasi model pembelajaran teaching factory pada semua kompetnsi keahlian
b. Pengembangan Kelas Industri
1) Rapat evaluasi pelaksanaan kelas industri
|
a. Untuk mengevaluasi pengembangan teaching factory dalam rangka peningkatan kualitas implementasi tefa
b. Untuk mengevaluasi kegiatan kelas industri dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran berbasis industri
|
Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak
lanjut Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak lanjut
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. WKS Bidang Kesiswaan
4. DU/DI
5. Seluruh Guru Produktif
|
WKS Bidang Kurikulum
|
Agustus 2024 – Februari 2025
|
|
|
8. Program P5
|
Siswa akan melaksanakan P5 dengan 3 tema dalam 1 tahun yaitu suara demokrasi, gaya hidup berkelanjutan dan kearifan lokal dan kebekerjaan
|
Membentuk budi pekerti karakter SMK dan akhlak mulia, serta menanamkan budaya kerja melalui enam ciri utama profil pelajara pancasila
|
Adanya dokumentasi pelaksanaan P5
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. WKS Bidang Kesiswaan
4. Seluruh Guru dan Siswa Kelas X - XI
|
1. WKS Bidang Kurikulum
2. WKS Bidang Kesiswaan
|
Oktober, Desember 2024 dan Mei
2025
|
|
|
9. Kegiatan Kunjungan Industri
|
Belajar secara langsung tentang segala aktivitas dan manajemen yang diterapkan di dunia industri seprofesi, sehingga dapat mengambil pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga untuk dapat di implementasikan di Sekolah.
|
Siswa dan guru SMK dapat melihat dan merasakan secara langsung tentang segala aktivitas dan manajemen yang diterapkan di dunia industri seprofesi, sehingga dapat mengambil pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga untuk dapat di implementasikan di Sekolah.
|
Terlaksananya Kegiatan Kunjungan Industri yang berkualitas dan diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru dan Siswa kelas XI, yang dibuktikan dengan adanya SK kepanitiaan, Daftar Guru dan Siswa, lokasi tujuan dan pelaopran kegiatan Kunjungan Industri
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. WKS Bidang Kesiswaan
4. Seluruh Guru
5. Siswa Kelas XI
|
1. WKS Bidang Kurikulum
2. WKS Bidang Kesiswaan
|
November 2024
|
|
|
10. Penguatan Program Literasi Sekolah
|
a. Pengadaan Buku non teks pelajaran
b. Pengadaan Almari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas
c. Rapat Koordinasi Tim Gerakan Literasi SMK Muhammadiyah 01 Keling
|
a. Untuk meningkatkan kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi
b. Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pda setiap ruang belajar
c. Untuk mnyusun program kerja literasi dalam rangka
meningkatkan kualitas dan jenis literasi
|
Adanya buku noon teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi
baca Adanya almari / tempat buku pada setiap ruang belajar Adanya Program Kerja Tim Literasi
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
3. WKS Bidang Kesiswaan
4. Wali Kelas
5. Guru Mapel Bahasa Indonesia
|
1. Kepala Sekolah
2. WKS Bidang Kurikulum
|
Desember 2024
|
|